Translate

Selasa, 16 Juni 2020

PITOT STATIC SYSTEM

Pitot static system adalah salah satu system yang akan selalu ada pada pesawat
udara, mulai dari pesawat yang sederhana (kecil) sampai pesawat yang besar atau modern.
Pengertian akan dasar-dasar bekerjanya system ini sangat penting untuk seorang ahli
teknik pesawat udara, terutama dalam mencari sebab-sebab kerusakan yang terjadi pada
system ini.
Pitot-static system and instruments II. MATERIAL & METHODS ...
pitot static tube dihubungkan dengan air speed indicator, altimeter, vertical speed indicator oleh pitot line dan static line yang dilengkapi dengan drain yang berfungsi untuk membuang kotoran yang ada pada pitot line maupun static line.
Sistem Pitot statik terdiri dari:
 Pitot tube
 Statik Vent
 Air speed indicator
 Vertical speed indicator
 Altimeter
 Machmeter (hanya terdapat pada pesawat jet)

A. Pitot Tube Atau Pitot Head
Kata pitot berasal dari penemunya seorang berkebangsaan perancis yang bernama
Henry Pitot. Pitot tube disebut juga pitot head atau pressure head. Jenis-jenis tekanan
udara yang ada pada pitot head adalah :
 Dinamic Pressure: disebut juga pitot pressure, ram pressure, impact pressure
 Static pressure: disebut juga ambient pressure, atmospheric pressure
Konstruksi Pitot Tube Atau Pitot Head Pada Pesawat Udara


Pada konstruksi dalam pitot head, terdapat lubang dibagian depan yang menghadap
langsung arah aliran udara yang akan menghasilkan pitot pressure, dan terdapat juga
lubang static yaitu lobang yang akan menghasilkan tekanan static. Lubang static ini
berada dibagian samping dari pada pitot head, dan tidak menghadap langsung arah
aliran udara.

Pada bagian pitot head juga dilengkapi dengan alat pemanas (heating element) yang
berfungsi untuk menghilangkan es di sekeliling pitot head sehingga lubang-lubang
yang ada tidak tertutup es. Dalam pitot head juga dilengkapi dengan water trap untuk
mencegah masuknya air ke dalam sistem pitot. Bentuk pitot head disesuaikan dengan
dimana pitot head tersebut akan dipasang.
Bagaimana Mengukur Kecepatan Pesawat | daily notes


Cara Penempatan Pitot Tube
Pitot-head ataupitot tube ini selalu diletakkan di bagian luar pesawat di mana udara
mengalir dengan tenang bebas dari gangguan aliran udara (air flow disturbances)
misalkan: tekanan udara yang disebabkan oleh putaran baling-baling. Ini bertujuan
agar udara yang masuk melalui lubang yang terdapat pada pitot head dan tekanan
dinamis maupun tekanan statis masih murni nilainya. Artinya udara dengan tekanan- tekanan yang disebabkan oleh bagian-bagian lain dari badan pesawat tidak ikut masuk
ke dalam lubang-lubang pitot head.
Cara Penempatan Pitot Tube Dan Static Port Pada Pesawat Udara
Pitot head ini biasanya dipasang di bagian bawah sayap atau di depan sayap (leading
edge). Pada pesawat-pesawat jet kadang dipasang di bagian fuselage nose section di
atas vertical stabilizer (fin). Pitot head harus dipasang sejajar dengan poros
longitudinal pesawat dengan lubangnya menghadap kedepan atau kearah dari mana
udara datang mengalir.
Sedangkan static vent (lubang statis) dipasang pada bagian samping badan pesawat
(fuselage skin), hal ini untuk memperkecil adanya tekanan dinamis yang disebabkan
gerakan yawing dari pesawat.











2 komentar: