Translate

Kamis, 11 Juni 2020

Mengenal Flight Control Pesawat Terbang

  1. Nose, Merupakan bagian pesawat paling depan, dalam bagian ini terdapat ruang control yang sering disebut dengan cockpit. Ruang Cockpit merupakan ruang dengan panel kontrol pesawat.

  2. Felage, Merupakan bagian pesawat yang bagian tengah pesawat. body section merupaka bagian terbesar dalam pesawat, bagian ini merupakan tempat sayap pesawat diletakan dan pada bagian ini juga terdapat landing gear.

  3. Tail, Pantal pesawat. Merupakan bagian pesawat paling belakang yang terdapat APU. Bagian ini pula terdapat beberapa bagian flight control.

  4. Wing, Bagian sayap pesawat. Di wing ini nempel lah yang namanya mesin pesawat yaitu Engine.

  •  Primary Flight Control, Yaitu Elevator, Aileron dan Rudder (berfungsi sebagai  mengemudikan pesawat)
  • Secondary Flight Control, Yaitu Spoiler, Flap & Slat, dan Air brakes (berfungsi sebagai untuk membantu pilot dalam meangoprasikan primary control)
  • Warning System (berfungsi sebagai memberikan peringatan)

Primary Control Surface | Panggih Raharjo
primary flight control

Ailerons - AN Aviation Services Co. - Liberal Dictionary


  • Aileron adalah dua bilah permukaan yang berada di sisi sayap kanan dan di sisi sayap kiri. Penempatan aileron berada di trailing edge sayap pesawat. Fungsi dari aileronadalah untuk gerak pesawat miring kiri dan miring kanan (Rolling) terhadap sumbu longitudinal axis.

  • Rudder adalah flight control pesawat yang berfungsi untuk belok kanan dan belok kiri (yawing) terhadap sumbu vertical axis. Untuk mengontrol rudder menggunakan pedal. Penempatan tempat pedal berada dibawah daerah pijakan kaki pilot.
  • Elevator adalah salah satu bagian pesawat terbang yang biasanya terdapat di ekor pesawat.(pitching) terhadap sumbu Lateral.Elevator biasanya berbentuk sirip horizontal yang memiliki fungsi kontrol mengarahkan badan pesawat naik atau turun dan selanjutnya mengangkat atau menurunkan ketinggian pesawat dengan mengubah sudut kontak sayap pesawat.
SECONDARY FILGHT CONTROL

  • spoileron adalah sebuah permukaan kontrol penerbangan, spoilerkhusus yang dapat digunakan asimetris untuk mencapai efek aileron, yaitu untuk menggulung sebuah pesawat dengan mengurangi lift dari satu sayap tetapi tidak seperti ailerons tidak meningkatkan angkat dari sayap lainnya.
Belajar Terbang: Pengereman Pesawat

  • Flap adalah sebuah permukaan bergerak yang berengsel pada tepi belakang sayappesawat terbang biasa juga disebut sirip pesawat. Jika sirip sayap diturunkan maka kecepatan anjlog
ARIP SUSANTO OFFICIAL WEBSITE: Sayap Pesawat

  • Slats adalah permukaan aerodinamis di tepi muka sayap pesawat sayap tetap, ketika digunakan, memungkinkan sayap untuk beroperasi pada sudut serangan tinggi. Sebuah koefisien angkat tinggi yang dihasilkan sebagai hasil dari angle of attack dan kecepatan, sehingga dengan mengerahkan bilah slats pesawat terbang dapat terbang pada kecepatan yang lebih lambat, atau lepas landas dan mendarat di jarak pendek. Mereka biasanya digunakan ketika mendarat atau melakukan manuver yang mengambil pesawat dekat dengan stall, tetapi biasanya dalam penerbangan normal untuk meminimalkan hambatan.
ARIP SUSANTO OFFICIAL WEBSITE: Sayap Pesawat



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar